Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2018: Melawan Limbah Plastik

Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2018: Melawan Limbah Plastik

Tanggal 5 Juni ditetapkan oleh PBB sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia sejak tahun 1974, dan tema tahun ini adalah "Melawan Limbah Plastik". Dalam pesannya, Sekjen PBB António Guterres menegaskan agar kita semua menolak penggunaan barang-barang plastik sekali pakai, dan mengingatkan tentang jumlah limbah plastik yang semakin tidak terkendali. "Setiap tahun, lebih dari delapan juta ton limbah plastik berakhir di lautan," demikian pesannya.

Situs The Atlantic memperingatinya dengan memuat 32 foto dari tahun 2017 dan 2018, yang menggambarkan limbah plastik yang terakumulasi di perairan, hutan, dan pantai di seluruh penjuru dunia, serta beberapa foto tentang upaya untuk membersihkan dan mendaur ulang limbah plastik yang menggunung.

Satu hal yang pantas kita jadikan pengingat adalah: kumpulan foto ini memuat 2 foto tumpukan sampah di Indonesia, satu di Kuta, Bali, dan satu lagi di Jakarta. Foto tumpukan sampah di Jakarta disertai keterangan yang cukup memalukan, yakni:

"Indonesia menempati peringkat kedua pencemar laut terbesar di dunia setelah China, dengan 187,2 juta ton sampah plastik setiap tahun. Seperti banyak negara berkembang, Indonesia tidak memiliki infrastruktur untuk mengelola limbah secara efektif. Sedemikian parahnya masalah ini, sehingga TNI pun dikerahkan untuk membantu membersihkan sungai dan saluran air yang tersumbat oleh botol, tas, dan kemasan plastik lainnya."

Mari kita lawan sampah plastik, demi Indonesia yang lebih baik!

---

(sumber: The Atlantic)

Catatan Redaksi:

Dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia, mulai 5 Juni 2018, BICNETS akan menampilkan 8 tulisan bertema lingkungan. Enam di antaranya bertema plastik, dan 2 lainnya menampilkan tema lingkungan lainnya.

Comments (0)

There are no comments posted here yet

Leave your comments

Posting comment as a guest. Sign up or login to your account.
Attachments (0 / 3)
Share Your Location