Mampukah Kita Hidup Tanpa Menghasilkan Sampah?

Mampukah Kita Hidup Tanpa Menghasilkan Sampah?

Bayangkan semua sampah yang telah Anda hasilkan dan buang dalam minggu ini. Menurut Anda, berapa banyak sampah yang bisa Anda kurangi jika Anda benar-benar mencobanya? Setengahnya? Seperempatnya? Atau bahkan tidak ada sampah sama sekali? 

Banyak ahli limbah berpikir bahwa target untuk tidak menghasilkan sampah sama sekali sebenarnya cukup realistis, tidak hanya untuk individu, tapi juga bagi organisasi besar, bahkan kota-kota besar. Pikirkan alasan ini ketika Anda ingin mencoba mulai hidup tanpa sampah: sampah merupakan penyumbang utama pemanasan global, baik dalam proses memproduksi barang yang nantinya hanya akan berakhir di tempat sampah, maupun emisi gas rumah kaca yang dihasilkan oleh sampah itu sendiri.

Pengurangan sampah merupakan langkah awal, tapi bisakah kita benar-benar tidak menghasilkan sampah sama sekali?

Lauren Singer adalah seorang aktivis lingkungan lulusan New York University yang menjalani kehidupan hampir bebas sampah selama lima tahun terakhir ini. Sejak saat itu sampah yang dihasilkannya hanya mampu memenuhi sebuah toples kaca. Diakuinya, hal tersebut memang tidak terjadi dalam semalam, butuh proses yang panjang yang dimulai dengan beberapa langkah sederhana.

Simak video berikut ini untuk mengetahui tips-tips Lauren Singer dalam menjalani kehidupan bebas sampah:

---

(sumber: Seeker)

Comments (0)

There are no comments posted here yet

Leave your comments

Posting comment as a guest. Sign up or login to your account.
Attachments (0 / 3)
Share Your Location