SolSource Sport: Kompor Portabel Bertenaga Surya

SolSource Sport: Kompor Portabel Bertenaga Surya

Bayangkan betapa nyamannya, bila Anda bisa berkemah di salah satu tempat favorit Anda dengan membawa sebuah kompor portabel yang bahan bakarnya 100 persen berasal dari sinar matahari. Lebih hebat lagi, kompor ini dapat memanaskan air atau makanan lima kali lebih cepat daripada panggangan biasa yang berbahan bakar arang. SolSource Sport, itulah nama yang diberikan kepada kompor ciptaan One Earth Designs, yang mengumpulkan dana melalui sistem crowdfunding Kickstarter, dan akan diluncurkan awal musim panas tahun ini.

SolSource Sport memfokuskan sinar matahari yang diterima oleh piringan receptor ke elemen pemanas untuk membuat apapun yang kita masak dapat memanas dengan cepat, dan siap untuk dimakan sesegera mungkin. Kompor ini bisa digunakan di tempat-tempat terbuka seperti di taman, kebun, area camping,  atau di area beratap seperti apartemen, tanpa risiko menimbulkan kebakaran, karena kompor ini tidak memerlukan nyala api untuk beroperasi. 

Dengan kompor serbaguna ini, Anda bisa memanggang, menggoreng, mendidihkan air, menumis, atau memanaskan kembali makanan yang sudah mendingin. Anda juga bisa menggunakan sebagian besar peralatan masak yang sudah Anda miliki, dan tidak perlu membeli panci atau wajan baru. Kompor surya ini mulai memanas hingga mencapai suhu yang cukup untuk memanggang dalam waktu lima menit, dan mampu mencapai suhu yang cukup untuk membakar dalam waktu 10 menit. 

SolSource Sport mampu berfungsi dalam berbagai kondisi sinar matahari, mulai dari satu jam setelah matahari terbit hingga satu jam sebelum matahari terbenam, dan bekerja pada suhu udara antara 30 dan 100 derajat Fahrenheit (kira-kira antara minus 1 hingga 38 derajat celcius). Anda bahkan bisa memasak di salju selama ada sinar matahari; dan karena sinar matahari adalah satu-satunya bahan bakar yang diperlukan untuk menyalakannya, SolSource Sport tidak menghasilkan emisi karbon.

Permukaan kompor bertenaga surya ini tetap dingin ketika disentuh, sehingga aman digunakan. Untuk merakitnya, hanya dibutuhkan waktu sekitar lima menit saja; dan setelah selesai memasak, kompor ini bisa disimpan di dalam tas jinjing sepanjang dua kaki (sekitar 60 sentimeter).

Hingga tanggal 1 Juni 2017, upaya crowdfunding One Earth Designs di Kickstarter telah menghasilkan lebih dari 100.000 dollar Amerika, jauh melebihi target 20.000 dollar yang dipasangnya. Harga jual ecerannya akan dipatok sebesar 249 dollar, namun Anda bisa mendapatkan kompor ini dengan harga di bawah 200 dollar jika cepat-cepat memesannya. 

---

(dirangkum dari: InHabitat & Kickstarter)

Comments (0)

There are no comments posted here yet

Leave your comments

Posting comment as a guest. Sign up or login to your account.
Attachments (0 / 3)
Share Your Location