Turbulent Whirlpool: PLTA Mikro Tanpa Bendungan

Turbulent Whirlpool: PLTA Mikro Tanpa Bendungan

Sebuah perusahaan asal Belgia ingin membuat pembangkit listrik tenaga air menjadi sumber tenaga yang ramah lingkungan, tidak seperti PLTA biasa. Turbin whirlpool yang dibuat oleh Turbulent – perusahaan Belgia tersebut –  dapat dipasang di hampir semua kanal atau sungai, memanfaatkan air yang mengalir untuk menghasilkan tenaga listrik bagi setidaknya 60 rumah. Sumber energi bersih yang juga ramah terhadap ikan ini dapat beroperasi pada malam hari maupun siang hari.

Pembangkit mikro tenaga air yang terinspirasi dari alam ini dapat mensuplai energi dengan biaya yang rendah. Dengan teknologi yang diciptakan oleh Turbulent, turbin ini mampu bekerja di lingkungan pedesaan sepanjang ada sungai di dekatnya. Turbulent menyatakan bahwa turbin ciptaan mereka tidak membahayakan lingkungan serta dapat dipasang dengan mudah dalam waktu satu minggu saja.

Turbin whirlpool ini memanfaatkan jeram kecil atau air terjun untuk mendapatkan energi. Sebidang tanah di dekat sumber air digali untuk membuat sebuah bak dan saluran air kecil dengan konstruksi beton. Generator dan impeller dimasukkan ke dalam bak, lalu dinding sungai dibuka sedikit supaya sebagian air sungai bisa masuk ke dalamnya, sehingga membuat turbin berputar. Putaran turbin ini menghasilkan energi bebas tanpa batas, sepanjang airnya mengalir. Produksi energi otomatis akan berhenti ketika sungai membeku di musim dingin.

Turbin ini hanya memiliki satu komponen yang bergerak, sehingga umur teknisnya panjang dan tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Sampah atau kotoran berukuran besar yang masuk dari sungai ditangkap oleh sebuah layar yang mampu membersihkan diri secara otomatis. Menurut Turbulent, bak beton dapat bertahan hingga seratus tahun, turbinnya pun tidak akan mengganggu kehidupan ikan-ikan yang ada di sungai. Sebuah video yang dirilis Turbulent menunjukkan gambar ikan-ikan yang berenang bebas di dalam bak bahkan di sela-sela turbin.

Turbulent mengklaim bahwa seiring perjalanan waktu, pembangkit listrik tenaga air dengan bendungan dan turbin bertekanan tinggi telah menjadi sumber energi yang semakin berkurang keberlanjutannya; dan tujuan mereka adalah membuat agar sumber energi dari air menjadi berkelanjutan kembali.

---

(dirangkum dari: Turbulent, InhabitatBusiness Insider & SIA Magazine)

Comments (9)

  1. Budi Rianto Halim

Saya sangat berminat untuk technology ini, selain ramah lingkungan dan efficient.
Bagaimana cara mendapatkannya.

Salam,

Budi Halim.

  Attachments
 
  1. Basori

Saya sangat berminat untuk tubulance ini dimana saya bisa mendapatkan barang tsb??? apakah boleh saya ber experimen sendiri tanpa ijin ...???

  Attachments
 
  1. Nur Muhammad

Mohon info product nya ke wa 082213151504

  Attachments
 
  1. Karo, Sumatera Utara

Ingin mengetahui dan bahkan memasangnya di tempat kami.

  Attachments
 

I'm very interesting about this technology..
Please contact me by Email : harryambunan@gmail.com

  Attachments
 
  1. Tyo

Apakah ekonomis dibanding mengunakan PLN untuk 10 tahun kedepan?

  Attachments
 
  1. Agusti

Need.

  Attachments
 
  1. Stefania Lowery

I am very interested in this turbulence. How did this work ??? ... professional Wiki writer can I experiment without a license ???

  Attachments
 
  1. Eben

Sy berminat untuk beli 1 set turbin dimana sy bs hub.
Bs kontak wa ke 0812 182 182 92
Terimakasih

  Attachments
 
There are no comments posted here yet

Leave your comments

Posting comment as a guest.
Attachments (0 / 3)
Share Your Location